Jumat, 17 April 2015

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) JAKARTA



Posted By : Santi Ayu, 18 April 2015.

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat dengan TMII adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Jakarta Timur. Dibangun di atas tanah seluas 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia.
Rencana pembangunan diawali dari pertemuan di rumah Soeharto , mantan Presiden Indonesia di Jalan Cendana No.8  pada tanggal 13 Maret 1970. Dalam pertemuan tersebut, Siti Hartinah atau Ibu Tien yang merupakan isteri mantan Presiden Soeharto mengusulkan akan dibangun sebuah lokasi yang memuat wisata budaya untuk membangkitkan kebanggaan rakyat Indonesia terhadap budaya nusantara.
Kemudian dimulailah proyek miniature Indonesia “Indonesia Indah” di bawah Yayasan Harapan Indah. Pembangunan dimulai pada tahun 1972 dan pada 27 April 1975 TMII resmi dibuka. Pada tahun 1991, dibuat maskot untuk tempat wisata ini berupa tokoh wayang Hanoman yang diberi nama NITRA (Hanjani Putra).
Apa saja yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ?
Disini Anda bisa melihat semua kebudayaan disetiap provinsi di Indonesia dalam satu tempat. Berikut ini wahana-wahana menarik di TMII :


1.      Anjungan Daerah
Taman Mini Indonesia Indah

Di Anjungan Daerah, Anda dapat melihat kebudayaan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setiap provinsi memiliki anjungan yang menampilkan bangunan atau rumah adat, pakaian tradisional, busana pernikahan, senjata khas sampai peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.

Di setiap anjungan terdapat panggung untuk menampilkan pertunjukan tarian tradisional, upacara adat, dan juga pertunjukan musik khas tiap-tiap daerah. Pertunjukan budaya ini bisa dilakukan pada hari Minggu, saat jumlah pengunjung mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Pada beberapa anjungan juga terdapat kafetaria yang menyajikan makanan khas masing-masing daerah. Ada pula took souvenir yang menjual berbagai macam souvenir berupa kerajinan tangan tiap derah, pakaian adat, sampai aksesoris khas daerah.

Pada tahun 1975 – 2000, Anjungan Daerah berisi miniatur kebudayaan dari 27 Provinsi di Indonesia. Sampai pada tahun 2002, saat Timor Timur lepas dari Indonesia, anjungannya berubah nama menjadi Museum Timor Timur. Selain itu, seiring bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia menjadi 34 Provinsi, dibangun pula anjungan baru untuk Banten, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo dan Kepulauan Riau. Meskipun anjungan-anjungan tersebut berukuran lebih kecil disbanding anjungan lain yang telah dibangun sebelumnya.

Bangunan Keagamaan
Bangunan rumah ibadah yang terdapat di TMII, yaitu :
·         Masjid Pangeran Diponjegoro
·         Gereja Katolik Santa Catharina
·         Gereja Protestan Haleluya
·         Pura Panataran Agung Kertabumi
·         Vi
·         Vihara Arya Dwipa Arama
·         Kuil Konghucu Kong Miao
·         Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa

Sarana Rekreasi
1.      Istana Anak-Anak Indonesia.
2.      Kereta Gantung.
3.      Perahu Angsa
4.      Snow Bay
5.      Pusat Peragaan IPTEK
6.      Taman
7.      Museum :
a.       Museum Indonesia
b.      Museum Keprajuritan






0 komentar:

Posting Komentar