Rabu, 22 April 2015

Pusat Perbelanjaan Terfavorit di Jakarta


Pusat Perbelanjaan Terfavorit Di Jakarta
Posted By : Santi Ayu, April 2015
Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu luang dengan hang out ke mall untuk menghilangkan rasa jenuh di Jakarta, wajib nih baca artikelnya . Disini saya akan berbagi tempat atau pusat perbelanjaan yang paling sering dikunjungi di Jakarta dan yang pastinya menarik. .
Pusat perbelanjaan yang kami kategorikan “favorit” adalah yang memiliki page google lebih dari 2.000.000 hasil.
1. GRAND INDONESIA, Thamrin, Jakarta Pusat

Berdiri pada April 2007. Mall ini terkenal akan Blitz Megaplex dan Seibu-nya. Apabila anda memasuki mall ini pada bagian west-nya, anda akan menemukan tema-tema seperti musim gugur, japanese style, dan lain-lain. Mall ini terdiri atas 2 bagian, yaitu East Mall dan West Mall. Namun yang tak bisa dilupakan dari mall ini adalah dibukanya Harvey Nichols (salah satu department store termahal dunia) yang kini telah tutup pada pertengahan 2011 ini.
.
.2. MALL OF INDONESIA, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Didirikan pada September 2008. Mall ini berkonsep family mall dimana terdapat pusat permainan anak-anak Moi-Land. Pada saat anda memasuki lobby, anda disuguhkan interior design yang mirip cerita kartun atau dongeng. Sungguh menarik. Alasan terbesar orang datang ke MoI adalah Moi-Land dan Centro Department Store.
.
3. PACIFIC PLACE, Sudirman, Jakarta Selatan
Mall yang satu kompleks dengan The Ritz Carlton Hotel ini berdiri pada November 2007. Pusat perbelanjaan yang satu ini ditujukan untuk kalangan high-end. Ini dapat dilihat dari tenant yang dihadirkan seperti Roberto Cavalli, Versace, dll. Mall ini juga termasuk dalam 5 besar mall termahal di Indonesia (akan Raffreds Dictionary publikasikan segera). Alasan terbesar orang datang ke Pacific Place adalah Kidzania, Branded Store dan berbagai restoran ternama yang berstandar internasional seperti Nanny’s.
.
.
4. Central Park Mall, Jakarta Barat

Mall ini telah mengalahkan kepamoran tetangganya yaitu Mall Taman Anggrek.
Padahal mall ini baru berdiri pada 9 September 2009. Mall ini salah satu yang farovit dikunjungi WNI keturunan Tionghoa (selain Taman Anggrek). Dengan mengusung konsep taman kota, terdapat taman diluar mall, dan didalam mall juga tepatnya di tengah bangunan. Suasana di mall ini begitu nyaman karena bangunannya yang lebar, lighting yang terang, dan pohon serta tanaman yang membuat suasana asri. Alasan terbesar orang datang ke Central Park adalah Blitz Megaplex (satu-satunya di jakarta barat, selain GI, PP, MoI) dan Topshop Topman (analisa saya sendiri** karena Topshop Topman baru ada di Senci dan GI).
.
.
5. PLAZA ATRIUM, Senen, Jakarta Pusat
Atrium merupakan salah satu mall tua di jakarta yang berdiri sejak 1990. Terletak di pusat bisnis segitiga senen antara pasar senen dan pusat perkantoran senen. Mall ini masih menjadi favorit warga jakarta untuk berkumpul bersama teman dan kerabat, terutama yang berusia 30 tahun keatas. Alasan terbesar orang datang ke Atrium adalah sejarah historis** (pusat perbelanjaan modern pertama di kawasan senen dan sekitarnya yang dahulu sering dikunjungi pendatang dari luar jakarta terutama dari Indonesia Timur seperti ambon).
.
6. Pasar Baru Jakarta, Jakarta Pusat
Merupakan pusat perbelanjaan kedua tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1820. Dahulu pusat-pusat perdagangan batavia terpusat disini. Oleh karena itu sering kita jumpai warga keturunan arab, pakistan, india, dan cina di Pasar Baru. Tekstil sangat terkenal di tempat ini (sekarang pusatnya di tanah abang). Harga barang yang ditawarkan di tempat ini bervariasi, namun rata-rata terjangkau oleh konsumen. Di Pasar Baru ini juga lahir “Bakmi gang kelinci” yang amat terkenal itu.
.
.7. Tanah Abang, Jakarta Pusat

Inilah pusat perbelanjaan pertama dan tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1735. Namanya sangat terkenal di asia tenggara. Tanah Abang, Pusat grosir dan tekstil. Dahulu tanah abang merupakan pasar penjualan tekstil dan barang kelontong di zaman hindia-belanda. Pasar ini terus berkembang menjadi pusat tekstil dan grosir terbesar di asia tenggara, hingga akhirnya berubah menjadi pasar modern seperti sekarang.
8. Mangga Dua, Jakarta Utara

Bermula dari Pasar Pagi Mangga Dua yang berdiri sejak tahun 1989. Disusul dengan ITC, WTC, Harco, dan lain-lain. Mall ini satu-satunya alasan bagi pengunjung untuk berbelanja barang “Branded Harga Miring” alias “KW” yang sudah sangat terkenal sejak dulu. Selain harga murah, model yang ditawarkan tak kalah menarik. Pengunjung terbesar pusat perbelanjaan ini adalah WNI keturunan Tionghoa.

.9. Blok M, Jakarta Selatan

Blok M juga termasuk salah satu pusat perbelanjaan tua di Jakarta yang berdiri sejak 1989. Bermula dari Mall Blok M (dahulu Pasar Blok M, terletak dibawah terminal hingga keluar daerah melawai), Pasaraya Grande, Blok M Plaza, dan Blok M Square (bekas Pasar Blok M). Yang unik adalah posisi Mall Blok M terletak dibawah terminal blok m (underground). Tempat ini selalu ramai dikunjungi anak-anak muda jakarta mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja. Pasaraya sejak dulu terkenal sebagai pusat nongkrong “orang-orang berduit” jakarta selatan. Namun dikarenakan munculnya Plaza Senayan dan Pondok Indah Mall, tempat nongkrong pun pindah. Blok M Plaza juga terkenal dengan Bioskop 21-nya. Dahulu jika warga jakarta selatan ingin nonton bioskop, pasti ke BP (singkatan Blok M Plaza).
.
10. Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat

Jika tetangganya mendapat peringkat nomor 1, maka PI di peringkat nomor 7. Mall yang terkenal dengan pusat High-End Brand ini memiliki nilai historical. PI merupakan perintis mall-mall kelas atas di Indonesia. Sogo Department Store (asal jepang) di Indonesia, pertama kali berdiri di PI. Namun sejak tahun 2006, Sogo PI (Sogo Pusat) dipindahkan ke Plaza Senayan. Kemudian PI merestrukturisasi tenant-nya. Yang paling terkenal dari PI adalah Louis Vuitton store yang begitu luas dan besar (berbeda dengan Plaza Senayan yang kecil). PI juga termasuk 5 besar mall termahal di Indonesia.
.
11. Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara

Ini dia mall pertama di jakarta utara. Berdiri sejak 1990. Mall ini favorit nomor 1 bagi kalangan WNI keturunan Tionghoa. Ini juga dikarenakan pemukiman mereka yang terpusat di utara jakarta. MKG merupakan salah satu mall terluas di jakarta yang memiliki 3 bangunan yang menyambung antara MKG 1 & 2, MKG 5, dan La Piazza. Alasan tertinggi orang datang ke MKG adalah wisata kuliner, karena MKG menyediakan banyak restoran mulai dari lokal hingga internasional.
.
12. Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan

pada 1 September 1994. Mall ini terletak diantara diantara gedung-gedung kantor pencakar langit. Sebelah kanan terdapat Rumah Sakit MMC yang berstandar internasional. Letak mall ini sangat strategis. Mall ini sering dikunjungi oleh orang-orang kantoran yang hendak makan siang. Pusat perbelanjaan ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya terdiri dari 2 lantai saja. Namun fasilitas yang tersedia cukup lengkap mulai dari food court, swimming pool, fitness center, futsal, arena panjat tebing, toko buku, bahkan “universitas” pun ada di mall ini, yaitu Universitas Bakrie. Maka Tak heran jika mall ini menjadi salah satu favorit bagi warga jakarta.
.
13. Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan ketiga tertua di Indonesia dan diresmikan oleh Soekarno pada tahun 1963. Sarinah merupakan pusat perbelanjaan satu-satunya milik pemerintah yang kini berbentuk perseroan terbatas (PT). Mall ini sangat terkenal akan batiknya (selain pasaraya) karena di sini banyak terdapat hasil karya pengrajin Indonesia. Sarinah terletak di kawasan pusat permukiman pejabat nomor satu jakarta yaitu Menteng, Jakarta Pusat. Dahulu para pejabat-pejabat sering nongkrong di Sarinah. Seiring perubahan zaman, Sarinah tak lagi sepopuler dulu. Namun mall ini masih sering dikunjungi para bule, baik wisatawan asing maupun warga jalan jaksa, menteng, yang kebanyakan adalah bule.
.
.14. Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan

Berdiri sejak 1991 di pusat perumahan mewah nomor dua di jakarta yaitu Pondok Indah. PIM dikenal masyarakat sebagai tempat belanja kalangan berduit. PIM sangat identik dengan Metro Department Store (asal singapura). Tulisan “Metro” yang besar akan terlihat jika anda melewati bagian depan mall ini. Sekarang PIM memiliki 2 bangunan, yaitu PIM 1 dan PIM 2. Untuk PIM 2 lebih banyak menyediakan original store dibandingkan PIM 1 yang condong ke department store. Hingga kini, mall ini masih menjadi salah satu pusat perbelanjaan terfavorit di Jakarta.
Ya kurang lebih itu rekomendasi dan saran yang bisa saya berikan yang bersumber dari beberapa website, sekarang jangan bingung lagi ya untuk memilih tempat hang out guyus :D

0 komentar:

Posting Komentar