Selasa, 21 April 2015

Kue Lupis Khas Betawi


KUE LUPIS KHAS BETAWI



Posted By : Santi Ayu, 22 April 2015

Kue lupis legit atau sering disebut juga kue lopis terbuat dari bahan dasar beras ketan spesial, rasanya manis dan enak, rasa manis didapat dari gula merah asli jawa, walaupun kue ini khas betawi di Padang juga ada termasuk di kota-kota lainnya, karena kue basah ini sudah termasuk jajanan pasar dan termasuk jenis kue basah tradisional yang mulai sulit didapatkan. Resep kue lupis ini memang tanpa daun pisang tapi ada juga yang kreatif membuatnya dengan membungkus pakai daun pisang supaya lebih wangi dan lezat.

Justru karena kue lupis ini langka, maka perlu kita lestarikan dengan membagikan resep ini di internet supaya resep kue unik ini tidak punah bahkan hilang, kasihan kan anak cucu kita hanya mendengar cerita dongeng dari kakeknya mengenai kelezatan Si Kue Lupis.

Jenis kue lupis ada 3 jenis, diantaranya ada kue lupis putih, kue lupis hijau pandan, dan kue lupis warna-warni pelangi yang telah di mosifikasi. Dalam membuat kue lupis ini boleh menggunakan daun pandan nanti kue lupis akan berwarna hijau, sedangkan tidak menggunakan pandan kue lupis ini tampak orisinil atau asli, silahkan pilih karena kelezatan kue ini terletak pada kuah gula merah dan taburan kelapa parutnya. Soal bentuk pada umumnya segitiga tapi boleh Anda buat variasi dan kreasi sendiri sesuai selera, misal segi empat, berbentuk gulungan, dan sebagainya.

BAHAN :
  • 150 gram beras ketan, rendam 1 jam, tiriskan
  • 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt air kapur sirih
  • daun pisang dan tali bambu, untuk mengikat dan membungkus
  • 1/8 sdt garam
BAHAN KUAH :
  • 125 ml air bersih 
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 1 lbr daun pandan wangi
CARA MEMBUAT KUE LUPIS BERAS KETAN :
  1. Masukkanlah air kapur sirih ke dalam beras ketan, aduk rata. Siapkan satu lembar daun pisang, lalu bentuklah contong dan masukan ke dalamnya beras ketan.
  2. Kemudian, lilit satu helai daun menutupi contong dan lapisi dengan helai yang lainnya lalu ikat dengan tali bambu.
  3. Dalam waktu 5 jam, rebuslah di air mendidih sampai matang.
  4. Cara membuat kuah lupis yang enak :  rebuslah air, daun pandan, dan gula merah sampai menjadi kental, angkat dan saringlah.
  5. Cara membuat kelapa parut yang gurih : Kelapa parut, garam, dan daun pandan kukuslah selama 1/4 jam saja. Lalu, gulingkan lupis di atas kelapa.
  6. Sajikan kue lupis dengan kuah gula merah. Mantap.

0 komentar:

Posting Komentar